Tuesday, September 26, 2006

hip hip hurRah !!!


wah gila, hari ini ada quiz dan aku mendapat nilai yang very very bad deh. hohoho, padahal quiz ini masuk di mata kuliah bahasa indonesia. untung aja tuh quiz ga dikumpul ^0^. (ternyata dikumpul je!!! neh tulisan tak edit!!!!!!)
yupz, segitu aja dulu. hari ini aku pengen ngomong masalah kebudayaan papua.

wot? papua?!

yupz, dunno. aku pengen ngebahas aja setelah ngebaca buku "namaku teweraut" karangan ani sekarningsih. di dalam buku itu dibahas secara gamblang tentang budaya masyarakat suku asmat. mulai dari kepercayaan mereka terhadap nenek moyang, upacara upacara adat, dan sebagainya. satu yang ngebuat aku bener2 kagum yaitu rasa bimbang seorang "tewer" terhadap kewajiban seorang istri asmat tehadap suami. tewer merupakan sesosok asmat yang sangat ingin aku temui (hohoho, baka desu!"bodoh".Red).

lingkungan alam yang berupa hutan rimba rawa membuat kehidupan mereka benar2 bergantung pada alam. betapa kecintaan terhadap alam yang "menghidupi" mereka digambarkan dengan sangat jelas. "kepasrahan" seorang wanita terhadap "kata kata mutlak" seorang nDiwi (ayah.Red), pengorbanan seorang wanita terhadap nafsu para lelaki. tewer memberontak, tapi berhubung aku belum selesai ngebaca, aku terusin di artikel selanjutnya ya?

NEXT

aku tadi bilang ke dosen pengantar statistik "mas, kalo aku pengen diskusi masalah suku di papua, boleh kan?". yah, semoga mas mujo(beliau harus dipanggil begitu.Red) ada waktu karena beliau sibuk banged. sungguh, asmat adalah suku yang "terisolasi" tapi menurutku mereka lebih arif terhadap alam...

No comments: